Home / KB-RA SA / RA AL Huda / Membentuk Guru Berkwalitas, Mencetak Generasi Cerdas

Membentuk Guru Berkwalitas, Mencetak Generasi Cerdas

“Membentuk Guru Berkwalitas, Mencetak Generasi Cerdas”
Pelatihan PD IGRA Kebumen
Tentang Pembelajaran Kurikulum Raudhatul Athfal (RA)  
Disarikan oleh Endang Sulastri, S. Pd*

Foto Bersama Pengurus Daerah IGRA Kebumen

Pada hari Jum`at, 4 Juli 2025 guru RA dibawah naungan PD IGRA Kabupaten Kebumen yang sudah S1 mengikuti kegiatan Pelatihan Pembelajaran Kurikulum Raudhatul Athfal (RA) untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan para guru RA. Pelatihan tersebut diikuti sekitar 289 guru RA yang sudah SI baik yang sudah bersertifikasi ataupun non sertifikasi. Termasuk guru RA yang dibawah naungan YPI Sultan Agung Kebumen ikut serta dalam pelatihan tersebut. Tema pelatihan ini  “Membentuk Guru Berkwalitas, Mencetak Generasi Cerdas”

Peserta Guru RA di bawah Naungan YPI Sultan Agung Kebumen

Dosen UMNU Dr. Risdianto Hermawan dan Dr. Lutfi Aji Ramdani memberikan Pengarahan dan sambutan yang mengajak guru RA untuk meningkatkan semangat belajar dan meningkatkan kulitas diri pendidik RA yang belum SI, untuk menyamakan kelinieritasan pendidik, dan yang ingin melanjutkan kuliah tetapi terkendala biaya. Beliau memberikan gambaran solusi untuk hal tersebut.

IGRA Kabupaten Kebumen hadir menjembatani guru guru RA untuk mengenal, memahami dan melaksanakan pelaksanaan pembelajaran kurikulum RA . Sebagaimana diuraikan oleh Narsaumber sekaligus ketua IGRA PD Kabuapaten Kebumen Ibu Siti Nafingatun, S.Pd.I

Program Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) adalah program yang digagas Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Ditjen pendis Kemenag merupakan inisiatif strategis yang menitikberatkan pada kebutuhan menyeluruh anak usia dini yang melibatkan berbagai elemen seperti pendidikan kesehatan gizi dan perlindungan dengan tujuan untuk memastikan tumbuh kembang anak yang optimal dan menyeluruh. Prinsip PAUD HI di RA

  1. Pelayanan yang menyeluruh dan terintegrasi
  2. Pelayanan yang berkesinambungan
  3. Pelayanan yang non diskriminasi
  4. Pelayanan yang mudah dan terjangkau
  5. Partisipasi masyarakat
  6. Berbasis budaya yang konstruktif
  7. Tata kelola pemerintah yang baik

Dalam dunia pendidikan yang selalu berhadapan dengan anak didik, sebagai Pendidik, kita harus mengerti dan memahami kecerdasan masing-masing peserta didik kita, untuk memudahkan pendidik menerapkan metode pembelajaran. Adapun kecerdasan yang dimiliki manusia antara lain :

  1. Kecerdasan verbal linguistik
  2. Kecerdasan logis matematika
  3. Kecerdasan spasial visual
  4. Kecerdasan kinestetik jasmani
  5. Kecerdasan musikal
  6. Kecerdasan interpersonal
  7. Kecerdasan intrapersonal
  8. Kecerdasan naturalis
  9. Kecerdasan eksistensial atau kecerdasan tentang kehidupan

Adapun jenis layanan PAUD HI di RA antara lain:

  1. Layanan pendidikan
  2. Layanan kesehatan dan gizi
  3. Layanan pengasuhan
  4. Layanan perlindungan
  5. Layanan kesejahteraan

Layanan ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar memiliki persiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut Lima layanan di atas adalah untuk memenuhi hak esensial anak pada program pengembangan PAUD Holistik Integratif yang harus dipenuhi. Lembaga dapat mengundang ahli gizi melalui MOU dengan Puskesmas

Dalam mendidik anak memakai pola 3A yaitu Asah Asih Asuh dan mendidik dengan penuh cinta. Lalu siapakah yang bertanggung jawab terhadap semua itu? Tentu saja, Pengawas Kepala, Pendidik dan Guru pendamping pada lembaga tersebut.

Topik yang sekarang sedang hangat dibicarakan adalah Deep Learning. Menurut Mendikdasmen, Bapak Abdul Mu’ti Deep Learning (Pembelajaran Mendalam bukanlah kurikulum pengganti Kurikulum Merdeka melainkan sebagai pendekatan pembelajaran baru yang bisa saja diterapkan di dalam kurikulum yang ada. Deep Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada pemahaman konsep dan eksplorasi secara mendalam. Pilar utama Deep Learning

  1. Mindfull learning
  2. Meaningful
  3. Joyful learning

Ketiga pilar ini dapat diimplementasikan di RA dapat melakukan kegiatan:

  1. Problem based learning
  2. Fliped learning
  3. Assessment learning
  4. Penggunaan teknologi adaptif

Kesimpulannya adalah Deep Learning dalam Kurikulum Merdeka bukanlah kurikulum baru, tetapi pendekatan yang memperdalam kualitas pembelajaran menuju pembelajaran yang tidak hanya mengajarkan pengetahuan tetapi juga membentuk karakter, kecakapan berfikir dan kesiapan menghadapi masa depan. Pelatihan ditutup dengan menyanyikan lagu “ 7 Kebiasaan Anak-anak Indonesia Hebat

  1. Bangun pagi
  2. Beribadah
  3. Berolahraga
  4. Makan sehat bergizi
  5. Gemar belajar
  6. Bermasyarakat
  7. Tidur cepat beristira

*Guru dan Kepala RA Al Huda Tlogosari

Baca juga kolom guru hebat Inspiratif YPI Sultan Agung Kebumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *